Pelatihan CTU, Pelatihan CTU 2023, Pelatihan CTU 2024, Pelatihan CTU Bidan, Pelatihan CTU Bidan 2023

Pelatihan CTU – Pelatihan CTU 2023 – Pelatihan CTU 2024 – Pelatihan CTU Bidan – Pelatihan CTU Bidan 2023

 

 

PELATIHAN KHUSUS
“CONTRACEPTION TECHNOLOGY UPDATE (CTU)”

 

Pelatihan CTU (Contraception Technology Update) bagi Tenaga Kesehatan adalah untuk mempersiapkan peserta agar memiliki pengetahuan, ketrampilan dan perilaku sebagaimana. Yang menjadi tujuan pelatihan berbasis kompetensi ini sehingga mampu berkontribusi penuh pada pelayanan KB di masyarakat.

Semakin berkembangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya memiliki keluarga yang terencana mengakibatkan penggunaan alat kontrasepsi semakin meningkat. Hal ini mengakibatkan perlunya tenaga medis untuk dapat melayani berbagai jenis metode kontrasepsi yang paling cocok dengan kondisi masing-masing peserta KB. Seseorang yang memiliki kompetensi khusus memerlukan untuk memasang dan mencabut IUD (intrauterine device) serta KB Implan sehingga diperlukan pengetahuan (kognitif) dan kemampuan (skill) yang khusus. Tenaga medis (dokter dan bidan) memerlukan pelatihan untuk meningkatkan kompetensinya dalam pemasangan IUD pasca melahirkan dengan metode inserter dan meningkatkan kualitas pelayanan serta kemampuan tenaga kesehatan untuk mengurangi resiko atau tingkat kegagalan dalam penggunaan alat kontrasepsi. Mampu memiliki action plan untuk mensosialisasikan metode baru ini kepada para provider di tempatnya masing-masing.

Tenaga medis yang bersifat langsung pada pasien memerlukan pelatihan sehingga mampu melakukannya secara mandiri setelah mengikuti pelatihan CTU ini. Pelatihan CTU (Contraception Technology Update) bagi Tenaga Kesehatan adalah untuk mempersiapkan peserta agar memiliki pengetahuan, ketrampilan dan perilaku sebagaimana yang menjadi tujuan pelatihan berbasis kompetensi ini sehingga mampu berkontribusi penuh pada pelayanan KB di masyarakat. Pasangan usia melakukan program KB dengan berbagai jenis alat kontrasepsi
Subur (PUS). Pemerintah saat ini mulai gencar menggalakkan program KB dengan sasaran
Pasangan Usia Subur (PUS) pada usia 15-49 tahun. Kelompok Usia perempuan subur ini
merupakan peluang perempuan untuk bisa hamil dan melahirkan anak.
Pengetahuan mengenai alat/cara KB penting untuk dimiliki sebagai bahan.

Alat/cara KB modern dan tradisional

  • Alat/cara KB modern terdiri dari metode operasi wanita (MOW) atau strilisasi wanita, metode operasi pria (MOP) atau sterilisasi pria, pil, IUD, suntik KB, susuk KB, kondom, diafragma, metode amenore laktasi (MAL), dan kontrasepsi darurat.
  • Alat/cara KB tradisional terdiri dari gelang manik, pantang berkala, senggama terputus, dan alat/cara KB tradisional lainnya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *