manajemen dasar rekam medis, pelatihan rekam medis, Pelayanan Rekam Medis, Rekam Medis Adalah, rekam medis rumah sakit

Manajemen Dasar Rekam Medis – Rekam Medis Rumah Sakit – Rekam Medis Adalah – Pelatihan Rekam Medis – Pelayanan Rekam Medis

 

“MANAJEMEN DASAR REKAM MEDIS RUMAH SAKIT”

 

Rekam Medis Rumah Sakit dan Informasi Kesehatan mempelajari pencatatan, pelaporan, pengumpulan, pendaftaran, pengisian, dan juga analisis data terkait kebutuhan informasi untuk mendiagnosa pasien agar mendapatkan penanganan dan juga perawatan yang tepat. Ruang lingkup pelayanan Rekam Medis meliputi manajemen penyelenggaraan rekam medis, penyelenggaraan admission dan juga registrasi, pengelolaan berkas rekam medis, penyimpanan berkas rekam medis, pendidikan dan penelitian, administrasi dan pelaporan rekam medis.

Fungsi rekam medis yaitu sebagai dasar pemeliharaan dan juga pengobatan pasien, bahan pembuktian dalam perkara hukum, bahan untuk penelitian dan pendidikan, dasar perbayaran biaya pelayanan kesehatan dan juga untuk menyiapkan statistik kesehatan.

Rekam medis terbagi menjadi beberapa jenis sesuai dengan jenis perawatan yang di peroleh pasien, antara lain rekam medis pasien rawat jalan, rekam medis pasien rawat inap, rekam medis pasien gawat darurat, dan juga rekam medis pasien dalam keadaan bencana.

 

Pengelolaan yang ada di rekam medis rumah sakit terdiri dari:

  1. Assembling adalah mengurutkan kembali dokumen rekam medis rawat jalan. Gawat darurat dan juga rawat inap sesuai dengan kronologi penyakit pasien yang bersangkutan. Kemudian melakukan penelitian kelengkapan data sesuai dengan penyakit pasien.
  2. Koding adalah pemberian penetapan kode dengan menggunakan huruf atau angka atau kombinasi huruf dalam angka yang mewakili komponen data. Fungsi pengkode rekam medis bertanggung jawab terhadap penemuan dan penulisan kode penyakit, dan operasi yang tertulis pada dokumen rekam medis.
  3. Indexing adalah membuat tabulasi sesuai dengan kode yang sudah di buat ke dalam indeks-indeks (dapat menggunakan kartu indeks atau komputerisasi). Didalam kartu indeks tidak boleh mencantumkan nama pasien.
  4. Filing merupakan suatu ruangan di unit rekam medis yang bertanggung jawab terhadap penyimpanan retensi dan pemusnahan dokumen rekam medis. Selain itu filing juga menyediakan dokumen rekam medis yang telah lengkap isinya sehingga dapat memudahkan penggunaan mencari informasi sewaktu-waktu.
  5. Analising dan Reporting merupakan Unit Rekam Medis (URM) yang berfungsi sebagai penganalisis dan pelapor dalam sistem pelayanan rekam medis. Sebagai penganalisis semua data rekam medis yang masuk ke Unit Rekam Medis (URM). Untuk di olah menjadi informasi yang di sajikan dalam laporan guna pengambilan keputusan manajemen di rumah.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *