IUD Pasca Persalinan, IUD Pasca Salin, IUD Pasca Salin Adalah, pelatihan iud, pelatihan iud pasca salin, Pelatihan IUD Pasca Salin 2024

IUD Pasca Salin – IUD Pasca Persalinan

IUD Pasca Salin

 

APA ITU IUD PASCA SALIN??

Intrauterine device (IUD) dapat di pasang dini setelah persalinan ataupun di tunda. Pemasangan alat kontrasepsi IUD yang di pasang dalam waktu 10 menit setelah lepasnya plasenta (ari-ari). IUD Pasca Salin merupakan metode kontrasepsi yang sering di rekomendasikan bagi wanita pascapersalinan karena efikasinya yang tinggi dalam mencegah kehamilan. Pada periode postpartum, penundaan pemasangan kontrasepsi sering di temukan. Padahal, pemasangan kontrasepsi setelah melahirkan dapat membantu memanjangkan interval antar kehamilan yang bermanfaat dalam meningkatkan kesehatan ibu dan bayi. Mencegah kehamilan yang tidak di rencanakan dengan menggunakan kontrasepsi akan membantu menghindari beban finansial, psikologi, dan kesehatan yang tidak perlu. Interval antar kehamilan yang lebih panjang juga dapat menurunkan risiko komplikasi maternal, termasuk kematian, perdarahan postpartum, endometritis puerperal, dan anemia. Panduan WHO merekomendasikan jarak kehamilan setidaknya 24 bulan dengan tujuan menurunkan luaran buruk maternal dan kesehatan bayi.

Kenapa pilih IUD?

Sebenarnya, banyak metode kontrasepsi yang bisa di gunakan sebagai KB setelah melahirkan. Contohnya, MAL, KB implan, kontrasepsi progestin, kondom, dan sterilisasi. IUD menjadi opsi karena ia memiliki beragam keunggulan, seperti :

  • Bisa di gunakan secepatnya setelah melahirkan
  • Tidak tergantung daya ingat seperti pil KB sehingga lebih efektif
  • Aman di gunakan untuk semua wanita, termasuk mereka yang belum pernah hamil
  • Aman juga untuk ibu menyusui
  • Bisa di lepas kapan saja
  • Langsung kembali subur setelah IUD di lepas
  • Efektif hingga 10 tahun

Ada efek sampingnya nggak, sih?

Sama seperti metode kontrasepsi yang lain, IUD juga memiliki reaksi walau tak perlu risau karena umumnya bukan tanda penyakit dan tidak berbahaya. Efek samping yang mungkin terjadi adalah nyeri selama menstruasi, kram selama beberapa hari, haid lebih banyak dan lama, adanya bercak/flek selama beberapa minggu atau di antara siklus haid.

Pembagian Waktu Pemasangan Intrauterine Device (IUD)

Pemasangan intrauterine device (IUD) dapat di lakukan pascapersalinan baik pada pasien yang menjalani persalinan spontan maupun sectio caesarea, juga pada pasien yang menyusui ataupun tidak menyusui. Berdasarkan panduan WHO, waktu pemasangan IUD pascapersalinan terbagi menjadi 4 kelompok yaitu:

  1. Insersi dini pascaplasenta, yaitu di lakukan dalam waktu 10 menit pasca ekspulsi plasenta
  2. Insersi segera pascapersalinan, yaitu di lakukan dalam waktu lebih dari 10 menit sampai 48 jam pascapersalinan
  3. Insersi tunda pascapersalinan, yaitu di lakukan dalam waktu lebih dari 48 jam sampai 4 minggu pascapersalinan
  4. Insersi interval pascapersalinan, yaitu di lakukan dalam waktu lebih dari 4 minggu pascapersalinan

 

IUD Pasca Salin
Gambar IUD Pasca Salin

 

IUD Pasca Salin
Gambar IUD Pasca Salin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *