pelatihan vaksin, Pelatihan Vaksin Internasional, Pelayanan Vaksin, Pelayanan Vaksin Terdekat, Vaksin 2024

Pelatihan Vaksin -Pelatihan Vaksin Internasional – Pelayanan Vaksin – Pelayanan Vaksin Terdekat – Vaksin 2024

 

“VAKSIN”

Pelatihan Vaksinisasi Sepanjang sejarah umat manusia imunisasi merupakan salah satu pencapaian yang gemilang dalam perbaikan kesehatan masyarakat. Vaksin yang telah terpakai dalam program imunisasi rutin di tiap negara. Dijamin aman dan efektif apabila diberikan dengan cara yang benar sesuai dengan SOP. Walaupun demikian pemberian vaksin ke dalam tubuh manusia tidaklah seratus persen bebas dari resiko dan juga efek simpan. Kadang-kadang masih bisa terjadi setelah pemberian imunisasi. Agar program imunisasi dapat mencapai hasil yang baik maka adanya kepercayaan masyarakat. Bahwa yang telah diberikan aman merupakan kunci keberhasilan yang harus diupayakan terus menerus.

Pelatihan ini telah menyiapkan sebagai bahan pengenalan keamanan vaksin dari seluruh materi pelatihan. Dari pelatihan ini kita akan belajar dan mengenal tentang pentingnya program imunisasi dari bagaimana vaksin bekerja untuk menjaga kesehatan masyarakat. Sehingga kita akan memahami hubungan antara cakupan imunisasi. Efek simpang dan juga penyebaran penyakit yang dapat cegah dengan imunisasi (PD3I). Kita juga akan mengerti pentingnya peraturan perundangan yang mengatur sehingga keamanan dan efektivitas dapat tercapai.

TUJUAN PELATIHAN VAKSIN WHO

Pelatihan ini bertujuan untuk membangun kesamaan persepsi dan juga pengertian antara para profesional yang bekerja berkaitan keamanan. Profesional yang bermaksud adalah perawat/bidan dan tenaga kesehatan masyarakat termasuk juga tenaga farmasi, dokter dan juga tenaga pengelola program/teknis imunisasi.

Vaksin merupakan unsur biologis yang memiliki karakteristik tertentu dan memerlukan penanganan rantai secara khusus sejak terproduksi di pabrik hingga terpakai di unit pelayanan. Penyimpangan dari ketentuan yang ada dapat mengakibatkan kerusakan sehingga menurunkan atau bahkan menghilangkan potensi atau dapat memberikan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) bila memberikan kepada sasaran. Selain itu kerusakan vaksin juga akan mengakibatkan kerugian yang tidak sedikit, baik dalam bentuk biaya maupun biaya-biaya yang terpaksa di keluarkan guna menanggulangi masalah KIPI atau kejadian luar biasa (KLB). Pelatihan Pengelolaan dan juga logistik imunisasi/vaccine management bagi pengelola program imunisasi sangat perlu untuk memastikan pengelolaan dan juga logistik sesuai standar.

 

 

   

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *